My Facebook

Makalah Suku Ainu di Jepang - Tugas NihonJijo


BAB I
PENDAHULUAN


1.1   Latar Belakang


        Banyak orang yang belum mengenal keturunan asli masyarakat Jepang. Masyarakat asli ini bahkan sempat ditentang keberadaannya oleh orang Jepang sendiri, padahal mereka merupakan ras tersendiri yang memang menempati wilayah utara di Jepang, memiliki adat dan budayanya sendiri bahkan sangat berbeda dengan Jepang yang ada saat ini. Masyarakat ini dinamakan suku Ainu, sering sekali dianggap sebagai suku jomon (suku yang berasal dari zaman jomon). Beberapa situs sejarah dan penelitian parah ahli sejarah mengatakan bahwa etnis ini merupakan kaum migran dari ras mongoloid yang beradaptasi pada wilayah Jepang dan akhirnya terdesak hingga ke wilayah utara Jepang.


1.2  Rumusan Masalah

       1. Cara masyarakat suku Ainu bersosialisasi
       2.  Mengenai suku Ainu di dalam tujuh wujud-wujud kebudayaan

1.3   Tujuan

        Untuk mengetahui tentang cara hidup bersosial ala suku ainu dan mengetahui tentang suku ainu di dalam tujuh wujud-wujud kebudayaan

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Sejarah Suku Ainu di Jepang
Suku Ainu adalah sebuah penduduk asli Jepang. Menurut catatan sejarah,suku Ainu secara genetis dan peradaban budaya sangat dekat dengan suku Inuit (Eskimo) di kutub utara. Di Hokkaido-lah banyak terdapat suku Ainu. Suku yang unik dengang budaya yang mengandalkan alam sekitar namun memiliki adaptasi besar terhadap budaya luar,beda sekali denagan suku-suku di Indonesia yang masih primitif.. Dalam beberapa teks sejarah suku ini juga disebut ezo. Diduga masih ada lebih dari 150.000 orang Ainu saat ini, jumlahnya tidak bisa dipastikan karena banyak orang Ainu yang menyembunyikan asal-usul mereka karena masalah etnis di Jepang. Seringkali orang Ainu yang masih hidup pun tidak menyadari garis keturunan mereka, karena orang tua dan kakek-nenek mereka merahasiakannya untuk melindungi anak-anak mereka dari masalah sosial yang ada dan berkembang di Jepang.
Pada era Meiji(tahun 1899) suku Ainu direformasi paksa oleh pemerintah Jepang untuk berasimiliasi dengan orang Jepang  (suku Yamato). Pemaksaan ini ditandai dengan adanya larangan menggelar kegiatan kebudayaan dan adat istiadat mereka termasuk menggunakan bahasa Ainu. Pemerintah Jepang kala itu menyatakan bahwa suku Ainu adalah “bekas pribumi” yang tujuannya menghilangkan jejak mereka dan tidak mengakui adanya suku Ainu di Jepang. Periode ini menyebabkan bahwa orang tua dari anak-anak Ainu merahasiakan identitas Ainu mereka pada anak-anak mereka agar anak-anak mereka tidak mendapatkan diskriminasi dalam kehidupan sosial. Pada 6 Juni 2008 parlemen Jepang mengesahkan resolusi yang mengakui bahwa suku Ainu adalah "suku pribumi dengan bahasa, kepercayaan, dan kebudayaan yang berbeda" sekaligus membatalkan undang-undang yang telanh dibuat di tahun 1899 tersebut. Hal ini menyebabkan suku Ainu yang sudah akan hilang garis keturunanya mulai terlihat kembali. bahkan untuk mengembalikan sejarah mereka agar banyak yang mengetahui dibangunlah Museum Khusus yang berisi segala hal tentang suku Ainu.
  Banyak peneliti awalnya menduga bahwa mereka keturunan Kaukasus, meskipun uji DNA tidak menemukan garis keturunan Kaukasus. Justru uji genetik suku Ainu membuktikan bahwa mereka tergolong grup haplo-Y D. Satu-satunya tempat di luar Jepang di mana grup haplo-Y D ditemukan adalah Tibet dan Kepulauan Andaman di Samudra Hindia. Namun dalam sebuah studi oleh Tajima et al. (2004), dua dari 16 sampel (atau 12,5%) laki-laki Ainu ditemukan tergolong dalam grup haplo C3, yaitu grup haplo dengan kromosom Y yang paling umum di antara penduduk-penduduk pribumi di Rusia Timur Jauh dan MongoliaHal inilah yang  membuat para ahli beransumsi bahwa ada keturunan migran Mongoloid yang memasuki pulau Jepang sebelum masa Jomon dan keturunan itu merupakan suku ainu, dan data ini diperkuat dengan adanya kisah dalam salah satu dari Yukar Upopo (legenda Ainu) mereka yang mengatakan bahwa suku Ainu yang tinggal di tempat ini seratus ribu tahun sebelum Anak-anak Matahari datang.
Dahulunya, suku Ainu adalah petarung yang tangguh. Namun, kala Jepang mulai memperluas wilayah ke arah utara dan mengambil alih tanah mereka, suku Ainu kerap menyerah tanpa perlawanan. Pada tahun 1457, 1669, dan 1789 memang sempat terjadi perang, namun selalu berakhir dengan pihak selalu suku Ainu yang kalah.

2.2  Suku Ainu dalam tujuh Wujud Kebudayaan 
  2.2.1 Bahasa 
Bangsa Ainu mempunya bahasa sendiri berbeda dengan bahasa Jepang. Bukan hanya sekedar dialek, tetapi Ainu merupakan bahasa yang mempunyai sitem tersendiri. Bahasa Ainu (Ainu: アイヌ イタクaynu itakbahasa Jepangアイヌ語 ainu-go) adalah salah satu bahasa dari rumpun bahasa Ainu yang dituturkan oleh suku Ainu. Dalam bahasa Ainu, ainu  (アイヌ) berarti orang atau manusia.
Penutur bahasa ini adalah suku Ainu yang tinggal di HokkaidoJepang, serta Sakhalin dan Kepulauan Kuril di Russia. Bahasa Ainu tidak memiliki hubungan dengan bahasa Jepang selain dari sejumlah kosakata yang dipinjam dari bahasa Jepang.
Bahasa ini dulunya diajarkan secara turun temurun melalui tradisi lisan dan tidak memiliki bahasa tulisan. Bahasa Ainu pertama kali ditulis pada abad ke-16 oleh orang Eropa dengan memakai huruf Latin dan aksara Sirilik. Orang Jepang suku Yamato menulis bahasa Ainu dengan aksara kana.
Pada zaman Meiji, misionaris Inggris John Batchelor bersama peneliti bahasa Ainu Kyousuke Kindaichi mulai mendokumentasikan bahasa Ainu. Pada awal abad ke-20, orang suku Ainu mulai menuliskan sendiri bahasa Ainu dengan memakai huruf Latin. Shigeru Kayano adalah salah seorang penutur asli bahasa Ainu yang aktif mempromosikan bahasa Ainu. Berkat jasanya, kursus bahasa Ainu dibuka di berbagai tempat di Hokkaido. Pada tahun 2007 terdapat 14 lokasi kursus bahasa Ainu di Hokkaido.
Hingga kini tidak ada undang-undang yang menetapkan bahasa resmi di Jepang. Dalam Konferensi Penduduk Asli di Ainu Mosir 2008, Pemerintah Jepang mengeluarkan pernyataan "Bahasa Ainu sebagai bahasa resmi, dan dalam rangka program wajib belajar, bahasa ini wajib diajarkan di sekolah."Populasi suku Ainu yang sangat sedikit menyebabkan bahasa Ainu dimasukkan ke dalam salah satu bahasa terancam punah. Menurut perkiraan tahun 1996, hanya ada 15 orang penutur fasih bahasa Ainu dari sekitar 15.000 orang suku Ainu. Menurut perkiraan yang lain, penutur asli bahasa Ainu yang terakhir di Kepulauan Kuril sudah meninggal dunia .  Di Sakhalin, penutur asli bahasa Ainu diperkirakan sudah punah. Orang yang dapat berbicara bahasa Ainu di Hokkaido hanya ada kurang dari 10 orang, dan mereka pun rata-rata sudah berusia di atas 80 tahun. UNESCO pada tahun 2009 memasukkan bahasa Ainu sebagai bahasa dalam keadaan kritis (critically endangered). Muraki mengungkapkan, banyak warga Ainu kini tidak bisa lagi berbahasa Ainu akibat politik asimilasi pada masa lalu. 


2.2.2 Sistem Pengetahuan 
Sistem pengetahuan orang Ainu sendiri, sudah maju, seperti : orang Ainu membagi tanah mereka menjadi lahan-lahan cakupan desa atau iwor, tempat mereka memancing ikan salem, berburu beruang, dan mengumpulkan kayu dan buah buni. 

2.2.3 Organisasi Sosial 
Suku Ainu, penduduk asli Jepang, pada akhir bulan September berencana akan meluncurkan organisasi baru sebagai upaya mendesak Pemerintah Jepang untuk membentuk Undang-Undang guna memperbaiki kehidupan dan kebudayaan mereka. 
Ainu Association Hokkaido dan Ainu Utari Renrakukai, organisasi payung untuk masyarakat Ainu yang menetap di Tokyo dan sekitarnya, berencana meluncurkan organisasi baru di Tokyo akhir bulan ini.
Ainu Association Hokkaido menyatakan organisasi baru ini ditujukan untuk menjadi tempat berbagi informasi diantara berbagai organisasi yang didirikan oleh suku Ainu, mengkonsolidasikan opini mereka dan membangun konsensus diantara sesama Suku Ainu.
Saat ini, jumlah populasi Suku Ainu diperkirakan 25,000 orang, mereka hidup sejak berabad-abad yang lalu di bagian utara Pulau Hokkaido dan Kepulauan Kuril serta Sakhalin dan mempunyai bahasa dan budaya yang berbeda dari Kebudayaan Jepang. Namun sejak akhir Masa Edo (1603-1867), Pemerintah Jepang melaksanakan program pembauran ke dalam masyarakat. 


2.2.4 Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi 
Sistem peralatan hidup suku Ainu terlihat pada tampilan fisik suku Ainu. Ciri fisik dari suku Ainu sedikit lebih pendek dari Bangsa Jepang umumnya (Ras Yamato), tubuh  mereka kuat dan proporsional, tulang pipi tinggi dengan hidung pendek, wajah lebar dan rambut lebat berombak serta memiliki mata coklat gelap. karena dalam adat, Ainu pria tidak mencukur kumis dan jengggot sampai periode tertentu maka ciri fisik pria memiliki wajah dengan kumis dan jenggot lebat. Kerap kali ditemukan para wanita mempunyai tato di wajah, lengan dan kadang-kadang ada pula di dahi.
Pakaian tradisional suku Ainu adalah jubah pintal dari kulit pohon elm. Jubah dengan panjang hampir mencapai mata kaki ini juga berlengan panjang dan diikat dengan korset dari bahan sama. Pada musim dingin, mereka mengenakan kulit binatang, berupa legging dari kulit rusa atau sepatu bot dari kulit anjing atau salmon. 
Banyak pria maupun wanita suku Ainu gemar memakai anting-anting. Bagi suku Ainu, perhiasan bernilai tinggi adalah tamasay, sejenis kalung manik-manik. Rumah suku Ainu terbuat dari buluh-jerami. Dengan luas mencapai 20 kaki, rumah suku Ainu tidak bersekat dan memiliki perapian di tengah. Ada cerobong asap berupa lubang di sudut atap, ada satu jendela di sisi timur dan ada dua pintu. 
Suku Ainu tidak pernah makan daging atau ikan mentah. Meski berburu daging beruang, rubah, serigala, musang, sapi, kuda, ikan, dan unggas, mereka selalu merebus atau memanggangnya dengan sayur, akar dan rempah-rempah sayuran, rempah-rempah, dan akar. Saat makan, para pria menggunakan sumpit, sementara para wanita menggunakan sendok kayu.

2.2.5 Sistem Mata Pencaharian
Budaya Ainu berasal dari sekitar 1200 M dan para ahli berpendapat budaya ainu berasal dari penggabungan budaya Okhotsk dan Satsumon. Mata pencaharian mereka berpusat pada pertanian, berburu, dan menangkap ikan. Beruang ditangkap dengan cara menjebaknya di dalam lubang. Dalam perburuan ini beruang yang terjebak lalu ditembak atau dipanah. Pada suatu ketika ada pula beruang yang terjebak tidak hanya satu ekor saja namun juga terjebak bersama-sama, induk dan anak. Pada situasi seperti ini yang ditembak atau yang dibunuh hanyalah induknya, sedangkan anaknya dipelihara dan kemudian hari setelah berumur sekitar dua tahun anak beruang ini akan diantar ke kahyangangan melalui upacara iomante.

2.2.6 Sistem Religi
Kepercayaan bangsa Ainu tidak tercantum secara detail dalam literatur-literatur resmi, hanya dari lisan terungkap bagaimana mereka menjalankan kehidupan religi. Bangsa Ainu menganut kepercayaan shamanisme. Mereka mempercayai bahwa bumi para manusia ini mengambang dan berbeda dengan tanah para dewa. karena tidak ada Imam khusus dalam menjalankan kehidupan religi, maka kepala desalah yang memimpin upacara keagamaan apapun. Mereka tidak mengenal sejenis kuil untuk upacara dan beribadah, tetapi tetap mempercayai konsep surga dan neraka, konsep dewa serta keabadian kehidupan roh mereka setelah kematian. mereka berdoa sebelum makan sebagai bentuk rasa syukur, berdoa kepada dewa api ketika sakit.
Namun ada warisan yang kaya dari kisah-kisah lisan , yang disebut yukar. Suku Ainu percaya bahwa bumi mengambang, dan bahwa “Ainu Mosir”, atau tanah dari manusia (sebagai lawan dari “Kamui Mosir”, tanah para dewa), terletak dipunggung ikan yang gerakannya bisa menyebabkan gempa bumi.
Suku Ainu juga percaya bahwa segala sesuatu di alam mempunyai “Kamui” (roh atau dewa) di dalam. Karena tidak memiliki imam khusus atau kuil untuk upacara, maka kepala desalah yang melakukan upacara keagamaan apa pun yang diperlukan.
Orang-orang Ainu selalu berdoa sebelum makan, dan berdoa kepada dewa api saat mereka jatuh sakit. Mereka percaya roh mereka abadi, juga mempercayai konsep surga dan neraka. Karena mereka percaya konse surga dan neraka berada jauh di kedalaman bumi maka bagi mereka, neraka berada di bawah gunug berapi.
Makhluk hidup yang menjaga mereka adalah para dewa yang sedang menyamar, ruh yang mengunjungi dunia fana. Kamui juga muncul sebagai benda mati: pisau berburu dan rumah bambu. Untuk mengembalikan kamui ke dunia ruh, suku Ainu menyelenggarakan beberapa ritual dengan menyediakan persembahan berupa makanan dan doa. Upacara utama mereka berupa penghormatan terhadap beruang—sang penyedia makanan, bulu, dan tulang untuk perkakas. Mereka menyebut Asahi Dake sebagai Gunung Nutap-kamui-shir yang berarti “gunung dewa yang mengandung wilayah bagian dalam dari belokan sungai.”
Salah satu contoh upacara yang dilakukan suku ainu adalah Iomante. Iomante ini ini adalah suatu upacara yang pelaksaanaannya dengan cara membunuh seekor beruang. Dalam masyarakat Ainu beruang merupakan salah satu dewa. Dewa yang datang ke dunia dari kahyangan dengan cara menjelma menjadi beruang dan merupakan dewa makanan. . Dengan upacara penyembelihan beruang seperti ini maka rohnyalah yang dikirim menuju dunia para dewa. Sehingga upacara ini sebetulnya merupakan upacara mengantar kembalinya roh dewa beruang kepada pangkuan sanak keluarganya di kahyangan.
Secara garis besar upacara ini dibagi menjadi dua, yaitu upacara yang dilaksanakan cara menyembelih beruang yang dipiara sejak kecil atau piaraan dan penyembelihan beruang yang diambil langsung dari hutan. Istilah lain upacara penyembelihan beruang yang diburunya di hutan ini dinamakan kamuyhopnire (mengantar dewa ke kahyangan). Sehingga dalam masyarakat Ainu perburuan yang bertujuan untuk mengantar roh beruang menuju kahyangan ini tidak dikenal dengan istilah ‘berburu’, tetapi yang dikenal adalah menjemput para dewa untuk diantar ke dunia dewata.

2.2.7 Kesenian 
Suku Ainu mempunya kesenian sendiri. Seperti musik tradisional dan lagu yang berasal dari suku Ainu itu sendiri. Seperti : Musik Ainu membawa resonansi rohani di hampir semua bentuknya, dan memainkan peran penting baik dalam sejarah budaya dan budaya masyarakat Ainu sendiri. Hampir setiap jenis lagu Ainu dianggap suci, bahkan alat musik dikatakan memiliki jiwa (Ohnuki-Tierney 53). 
Musik tradisional Ainu dapat dibagi menjadi dua kelompok utama yaitu lagu sehari-hari dan lagu-lagu epik. Setiap hari lagu-lagu dalam tradisi Ainu dinyanyikan dalam banyak situasi dan secara dadakan. Mereka sering disertai oleh dua instrumen musik Ainu paling umum yaitu tonkori, sebuah sitar dipetik, dan mukkuri yaitu kecapi orang Yahudi yang dimainkan oleh perempuan.
Lagu-lagunya pendek, cukup sederhana, dan berpusat pada aktivitas seperti permainan atau bekerja. Tindakan bernyanyi itu sendiri digunakan sebagai permainan dalam beberapa hal, seperti Rekuhkara (Menyanyikan Ainu dengan tenggorokan) kompetisi antara perempuan. Musik Ainu telah menjadi penting sepanjang tahun dimana keduanya mencerminkan dan membangun identitas budaya Ainu. Musik Ainu, secara historis telah mewakili keadaan masyarakat Ainu.  Tekanan pada musik Ainu, sepanjang sejarah mereka sebagai orang-orang di bawah kekuasaan mayoritas yang dominan, telah datang sebagian besar dari pemerintah Jepang. Pemerintah Jepang sengaja melarang bahasa Ainu, musik, dan tariannya (termasuk upacara beruang) pada tahun 1799 dalam upaya untuk menghomogenkan Ainu dengan penduduk Jepang yang lebih besar. 





DAFTAR KEPUSTAKAAN

http://aingkumaha.blogspot.com/2008/07/penduduk-asli-jepang.html (diunduh pada tanggal 27 September 2011, 19:20 WIB)
http://basutonny.blogspot.com/2009/10/suku-ainu.html (diunduh pada tanggal 27 September 2011, 19:20 WIB)
http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Ainu (diunduh pada tanggal 27 September 2011, 19:20 WIB)
http://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Ainu (diunduh pada tanggal 27 September 2011, 19:20 WIB)
http://id.wikipedia.org/wiki/Jepang (diunduh pada tanggal 27 September 2011, 19:20 WIB)
http://mulyadi.staff.ugm.ac.id/?cat=1 (diunduh pada tanggal 27 September 2011, 19:20 WIB)
http://nationalgeographic.co.id/featurepage/68/legenda-daisetsuzan/2  (diunduh pada tanggal 27 September 2011, 19:20 WIB)
http://sejarahmusisi.blogspot.com/2011/03/sejarah-musisi-sejarah-musik-ainu.html (diunduh pada tanggal 27 September 2011, 19:20 WIB)
http://serbasejarah.blogspot.com/2011/07/suku-ainu-jepang.html (diunduh pada tanggal 27 September 2011, 19:20 WIB)
http://www.anneahira.com/suku-ainu.htm (diunduh pada tanggal 27 September 2011, 19:20 WIB)
http://yuiworld.wordpress.com/2011/05/11/suku-ainu-ras-bekas-bangsa-jepang/ (diunduh pada tanggal 27 September 2011, 19:20 WIB)


TUGAS NIHON JIJO
SUKU AINU DI JEPANG
2011



Makalah Suku Ainu di Jepang - Tugas NihonJijo Makalah Suku Ainu di Jepang - Tugas NihonJijo Reviewed by Fatafila Tanjun on Selasa, Oktober 18, 2011 Rating: 5

6 komentar:

  1. makasi infonya. sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih banyak sudah datang :D rajin2 main kesini ya..jangan lupa main juga ke blog baru yg kontennya lebih banyak tentang jepang ^^dtakemi.wordpress.com

      Hapus
  2. makasih ya. mbak dhita. berguna sekali

    BalasHapus

Please don't spam anything here!

Diberdayakan oleh Blogger.

About Tanjun Fatafila

Foto saya
タンジュン・ファタフィラでーす!☆ インドネシア人です。単純な人で、この世に生きている意味を探すとこ!( `・∀・´)ノヨロシク Halo, I'm Tanjun Fatafila, from Indonesia. Nice to meet you and welcome to my world!

Pengikut

Cari Blog Ini

AmeBlo

AmeBlo
de fila's Japanese Blog

Highly Recomend BLOG

Translate

Halaman